Sabtu, 09 Oktober 2010

Di Amazon Ada Spesies Lele Pemakan Batang Kayu


Pada umumnya ikan menyantap jenis makanan berupa makhluk/binatang yang lebih kecil darinya atau dedaunan yang tumbuh di bawah air dan di tepian sungai/laut. Namun di Amazon telah ditemukan spesies baru ikan lele yang ditemukan pemakan kayu. Lele ini ditemukan oleh ilmuwan air tawar Paulo Petry di lingkungan Fitzgarad, Peru, Amazon.

Sebelumnya, diyakini hanya kepiting laut dalam saja yang memakan kayu. Lele ini memiliki gigi berbentuk sendok di mana digunakannya untuk menyendok kayu ke dalam mulutnya. Batang kayu yang disantap kebanyakan adalah kayu jatuh. Hal menakutkan mengenai lele ini adalah ikan ini terancam punah akibat ulah manusia.

Menurut Petry, ada 4.700 spesies ikan air tawar di Amerika Selatan saat ini. Rata-rata, 100 spesies ditemukan tiap tahunnya.
"Tahun ini saja, 69 spesies telah ditemukan. Jumlah ini jelas masih sangat jauh dari jumlah spesies yang ada di Amerika Selatan," kata Petry.
Lele berpelindung ini ditangkap di sungai Purus dan Curanja. Spesies unik pemakan kayu ini diperkirakan hanya tersisa 10 spesies di Amerika Selatan. (sumber : Inilah.com)

Related Posts with Thumbnails

3 komentar:

  • lina@women's perspectives says:
    9 Oktober 2010 11.50

    Baru tau ada spesies lele pemakan kayu :)

  • ibrahim says:
    9 Oktober 2010 22.16

    Terimakasih Ibu lina@women's perspectives: saya sangat tersanjug sekali, kehadira Ibu dan koment, membuat saya makin semangat belajar. Artikel-artikel Ibu, jadi panutan bagi saya. God bless you!

  • rasyakreebo says:
    7 Juli 2011 00.27

    wohoho,kirain rayap doangyang makan kayu....nih lele unik juga ye!!!

Poskan Komentar

TULIS KELUHAN ANDA DI SINI