Selasa, 26 Oktober 2010

Alat Tambal Ban Elektrik, Praktis dan Ekonomis

Bila ban sepeda atau sepeda motor bocor maka lebih baik kita tambal daripada membelikan yang baru, dengan catatan ban itu masih layak pakai atau tambalannya baru satu atau dua titik. Saat ini alat tambal ban kebanyakan masih konvensional dan masih menggunakan bahan bakar minyak tanah sebagai pemanasannya. Kini minyak tanah langka dan harganyapun mahal, asap yang di timbulkan juga menganggu kesehatan.

Namun jika menggunakan alat tambal ban elektric hasil rekayasa seorang "protholan" MTs berikut ini, tinggal colok ke steker listrik selama 7 – 10 menit saja, ban yang bocorpun kembali dapat digunakan.

Alat tambal ban baru, muncul dari ide kreatif Maksum (41), warga desa Tedunan kecamatan Kedung Kabupaten Jepara ini. Meskipun hanya berpendidikan setara SMP saja namun dia mampu menciptakan alat tambal ban elektrik yang pemanasannya menggunakan tenaga listrik. Maksum yang sehari-harinya bekerja sebagai montir mengatakan, alat tambal ban elektric ini hanya diperuntukkan untuk menambal ban sepeda atau sepeda motor sehingga bentuknya kecil dan mudah penggunaannya.

Cara menambalnya cukup mudah ban sepeda atau sepeda motor yang bocor diberi tanda kemudian dibersikan dengan menggunakan ambril kasar atau gergaji besi kecil, diatas tanda ditutup dengan kompon (karet mentah spesialis untuk menambal ban). Selanjutnya ban dan kompon dipasang pada alat tambal ban electric dengan di beri penyekat kertas kaca atau kertas alumunium foil tunggu 7-10 menit (lampu kontrol akan padam sendiri secara otomatis). Tunggu hingga panasnya berkurang buka ban dari alat tambal ban elektric lihat hasilnya dan masukkan dalam air agar cepat dingin ban pun akan kembali dapat digunakan.

Listrik yang diperlukan hanya 50 Watt sehingga dari segi biaya cukup murah, selain itu juga tidak dipusingkan oleh asap dan api apalagi jika musim hujan alat ini sungguh sangat praktis digunakan di dalam rumah sekalipun. Alat tambal ban electric ini menurut Maksum, selain dapat digunakan untuk membuka usaha tambal ban juga dapat dipergunakan secara pribadi utamanya rumah tangga yang tempatnya jauh dari bengkel, daerah terpencil atau dipemukiman padat penduduk yang jarang jasa tambal bannya.

Saat ini sepeda atau sepeda motor merupakan alat transportasi yang vital bagi kaum bawah, kebocoran ban bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu jika dirumah sudah tersedia alat tambal ban ini kita tinggal membeli kompon dan pompa di toko terdekat, jika ban sepeda atau sepeda motor kita bocor sewaktu-waktu bisa ditanganinya sendiri tidak usah ke bengkel. Selain menghemat waktu, juga menghemat biaya bahkan jika ada kesempatan kita bisa buka usaha tambal ban sendiri dan dapat menambah penghasilan.

Maksum menjamin alat tambal ban electric yang ia ciptakan ini cukup efektif, praktis dan ekonomis untuk menambal ban, oleh karena itu para penambal ban utamanya sepeda atau sepeda motor yang masih menggunakan api untuk pembakarannya dapat beralih ke alat tambal ban electric ini. (original post) Related Posts with Thumbnails

5 komentar:

  • POJOK KELASKU says:
    26 Oktober 2010 14.46

    hebat sekali..hasil karya putra asli Indonesia.. cukup inovatif untuk mengantisipasi hilangnya bahan bakar minyak (spiritus)...prkatis lagi..tinggal colok..cepat patenkan.sebelum banyak yang niru

  • PLTA portabel says:
    26 Oktober 2010 21.55

    kreatif dan inovatif...masuk nih katagori :guines book of inovator, tp sudah ada belum yah...:}

  • Obat Pembesar says:
    24 Desember 2011 16.08

    wah... bagus ni..

  • Ibrahim Maksum Amrullah says:
    25 Desember 2011 09.31

    @ POJOK KELASKU: Benar sekali, Bu..terima kasih sudah hadir di sini.

    @ PLTA portabel: Mudah-mudahan bisa dipatentkan. Thanks for coming;
    Maaf, baru bisa balas comment. Lama gak Online, nih...

  • Ibrahim Maksum Amrullah says:
    25 Desember 2011 09.32

    @ Obat Pembesar: Memang bagus, Sahabatku. Makasih sudah hadir di sini.

Poskan Komentar

TULIS KELUHAN ANDA DI SINI