Selasa, 06 Juli 2010

Tahun ini Akan Ada Tes CPNS

Tahun ini nampaknya kembali akan ada penerimaan CPNS. Oleh sebab itu, kepada sobat-sobit yang berhasrat untuk menjadi pelayan masyarakat, CahNdeso menghimbau agar mulailah mempersiapkan diri. Persiapan secara fisik, mental dan ilmu pengetahuan. Bukan bersiap untuk mencari-cari lowongan KKN. Gituuuu loooh. Berikut ini adalah kutipan berita yang mengarah akan adanya tes CPNS.

Setiap Tahun 150 Kursi PNS Kosong

Pemerintah akan tetap melakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setiap tahunnya. Meskipun ada dorongan dari berbagai pihak agar pemerintah mengurangi penerimaan CPNS, faktanya kebutuhan CPNS tetap saja kurang setiap tahunnya. Deputi Kemenpan&RB Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Ramli Naibaho mengatakan, dibandingkan dengan sejumlah negara tetangga lainnya, jumlah PNS di Indonesia masih kecil.

“Di Malaysia saja aparaturnya empat persen dari jumlah penduduk, Singapura 3,7 persen. Sedangkan Indonesia hanya sekitar dua persen, sehingga masih kurang,” kata Ramli Naibaho di kantornya, Jakarta, Selasa (22/6).

Dijelaskannya, tiap tahun ada 150 kursi PNS yang kosong. Karena ada yang pensiun, meninggal, diberhentikan, dan lain-lain. Jika pemerintah tidak merekrut CPNS untuk mengisi kursi kosong itu, menurut Ramli, pemerintahan akan timpang karena satu PNS melayani banyak warga.

“Pemerintah menargetkan jumlah PNS di Indonesia 2,2 persen dari total penduduk. Saat ini jumlah PNS kita 4,5 juta, jadi masih kurang,” tuturnya. Ditanya, apakah tahun ini pemerintah hanya akan menerima CPNS 150 ribu saja, Ramli mengaku belum tahu. “Wah, itu saya belum tahu,” ucapnya.

Dia menyatakan, pihaknya sudah mengajukan usulan ke Menkeu mengenai kebutuhan anggaran untuk menggaji PNS yang baru. Namun usulan tersebut masih akan dibahas lagi dengan DPR RI, apakah anggaran yang ada mencukupi untuk membiayai gaji PNS baru. Sebelumnya Sesmenpan&RB Tasdik Kinanto mengatakan, pemerintah menargetkan formasi CPNS 2010 sekitar 350 ribu. Di mana proporsi antara honorer dan pelamar umum, adalah 30 persen dan 70 persen.

Read more: http://www.trenggalekjelita.web.id/2010/07/setiap-tahun-150-kursi-pns-kosong.html#ixzz0stOuVtoU

1 komentar:

  • Anonim says:
    15 November 2010 pukul 18.32

    Alil...!! woro - woro yg mau ikut try out CPNS pd hari sabtu, 20 nop 2010 di gedung serba guna Keludan Tgalek. daftar di Radio Fatamorgana FM jl. Mayjen Sungkono No.37 Trenggalek, tilp 0355-796566.

Posting Komentar

TULIS KELUHAN ANDA DI SINI